Dinosaurus Raksasa Berwajah Jelek Ditemukan di Mongolia

Sebagian besar dinosaurus memiliki bentuk mirip kadal yang cukup menyeramkan. Kali ini 'image' itu semakin diperjelas dengan ditemukannya fosil dinosaurus dari Mongolia.

Dinosaurus bernama Deinocheirus mirificusone ini tergolong hewan purba dengan ukuran yang tidak biasa, bahkan luar biasa dengan panjang 11 meter. Saking besarnya, ukuran tangan dari monster ini berukuran 2,4 meter. Satu hal yang membuat para ilmuwan geleng kepala adalah wajahnya yang buruk rupa. Nama Deinocherus mirificusone sendiri mempunyai "aneh, tangan buruk", CNET.

Setelah fosil-fosil yang ditemukan cukup lengkap terkuak fakta bahwa dinosaurus ini mempunyai bentuk yang sangat aneh. Dimulai dari kepalanya, mirificusone mempunyai kepala kecil dengan moncong panjang serta sedikit rambut di ujung tengkoraknya.

Deinocheirus mirificusone berhasil 'dihidupkan' kembali setelah bagian dari fosil tulang-tulangnya ditemukan di antara tahun 2006-2009. Penemuan itu melengkapi fosil pertama yang ditemukan, yakni dua buah tangan, sejak 50 tahun silam. Ilmuwan juga berhasil mengungkap makanan dari Deinocheirus mirificusone setelah menemukan ikan purba yang terjebak di dalam perut fosil dinosaurus tersebut.

Sementara itu tangannya raksasanya dilengkapi dengan empat jari kurus panjang dengan kuku-kuku runcing. Di bagian punggung dinosaurus ini terdapat sebuah punuk aneh yang bersambung dengan ekor berbulu hitam.

Berdasarkan pengamatan para ahli, dinosaurus yang masih tergolong spesies baru ini kemungkinan berkerabat dengan burung unta. Sebab, dari bentuk tulang dan beberapa anatomi tubuhnya terlihat mirip.

Bentuk dari dinosaurus ini berhasil direka ulang dalam bentuk 3D oleh para ahli paleontologis dari Institute of Geoscience and Mineral Resources (Kigam) di Korea Selatan. Mereka mendapatkan fosil-fosil itu dari daerah gurun Gobi di Mongolia. Menurut hasil penanggalan, umur dari fosil Deinocheirus mirificusone itu berumur 70 tahun yang lalu. Merdeka.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...