7 Langkah Mencegah Pencurian Identitas !

Ambil Pendekatan Proaktif untuk Menghentikan Pencurian Identitas

Anda pernah mendengar berita tentang pencurian identitas dan anda mungkin berpikir hal ini tidak akan pernah terjadi pada anda. Meskipun ada kesempatan baik bahwa anda tidak akan pernah mengalami situasi yang tidak menguntungkan tapi ini hanya membutuhkan satu dokumen yang salah tempat atau tidak sengaja mengklik link di web untuk menempatkan anda pada risiko ini. Karena hal ini memudahkan bagi pencuri untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencuri dan merusak identitas anda, penting untuk mengambil pendekatan proaktif dan melindungi diri sendiri.

Cara Melindungi Diri

Kebanyakan orang menyadari satu tips umum seperti tidak memberikan nomor KTP kepada pihak yang tidak diketahui, tidak meninggalkan tanda terima kartu kredit  dan untuk menghindari meng klik link phishing di email tapi itu tidak cukup. Berikut ini tujuh tips penting untuk membantu anda melindungi diri dari pencurian identitas:

Rusak dokumen Anda. Pertimbangkan surat tagihan yang anda terima. Berapa banyak item memiliki informasi penting? Mungkin dalam bentuk penawarkan kartu kredit, rekening bank, laporan investasi  atau bahkan surat perpanjangan SIM. Semua hal ini dapat mengekspos anda untuk pencurian identitas. Gunakan mesin penghancur dokumen dan pastikan bahwa anda merusak semua surat dan dokumen yang tidak terpakai.

Pertimbangkan kotak pos. Jika lokasi kantor pos nyaman bagi anda, mungkin akan bermanfaat untuk mendaftar PO Kotak. Hal ini untuk mencegah pencuri identitas dari mampu untuk menurunkan jalan Anda dan mencapai ke kotak surat untuk merobek mail dengan informasi pribadi.

Berhati-hatilah saat membuat password. Dengan semakin banyak orang beralih ke internet untuk jasa keuangan, memiliki kebijakan password yang baik adalah suatu keharusan. Hal ini berarti membuat password yang tidak mungkin bagi seseorang untuk menebak. Jangan gunakan sesuatu seperti tanggal lahir, nama belakang, nama anjing, dan sebagainya. Buat sandi yang kuat yang sulit untuk di retas. Umumnya anda ingin menggunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi angka dan modal dan huruf kecil.

Buat beberapa password dan rubah secara teratur. Membuat sandi yang kuat tidak cukup. Jika anda menggunakan password yang sama untuk semuanya, jika anda membuat satu kesalahan ceroboh dan seseorang mendapatkannya, semua account anda beresiko. Memiliki password yang berbeda untuk situs yang berbeda dan mengubah mereka secara teratur.

Memantau laporan kredit anda. Berkat Laporan Tahunan Kredit, anda berhak mendapatkan salinan gratis laporan kredit dari masing-masing dari lembaga pelaporan setiap tahun. Ambil

keuntungan dari ini dan pastikan bahwa anda meluangkan waktu untuk memeriksa laporan anda. Carilah sesuatu yang mungkin tidak biasa dan pastikan bahwa semua baris kredit yang dilaporkan dengan benar.

Review bank  dan kebijakan penipuan kartu kredit . Tidak semua bank dan kartu kredit diciptakan sama dan beberapa mungkin memiliki kebijakan fraud lebih baik daripada yang lain. Apakah mereka memiliki sesuatu secara otomatis akan mendeteksi aktivitas potensial penipuan  atau itu tergantung anda untuk menemukan dan melaporkan masalah penipuan kartu kredit? Berapa banyak yang anda tanggung jika terjadi aktivitas penipuan di account anda? Jika anda tahu apa yang akan terjadi sebelum penipuan itu datang, anda tidak akan dikejutkan dengan fakta buruk.

Waspadai penipuan/ phishing secara  online. Anda tidak hanya dibombardir oleh surat biasa, tetapi e-mail masuk anda terus-menerus dipenuhi dengan pesan dari pengirim yang sah dan scammers . Sayangnya penipu mendapatkan celah untuk  menipu orang agar berpikir bahwa email tersebut adalah sah. Contoh yang paling umum adalah ketika anda menerima email yang terlihat seperti dari bank atau layanan online yang anda gunakan dan mereka meminta anda mengklik link agar memperbarui beberapa informasi tentang account anda. Jangan pernah mengikuti link tersebut dan ketika ragu, pergilah ke situs web resmi secara langsung dan login di sana seperti biasa.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...