Beredar SMS Hoax Hujan Asam Nuklir Fukushima !


SMS atau broadcast mengenai hujan asam akibat ledakan PLTN di Jepang pascagempa bumi, telah menyebar ke kawasan Asia. Perlu diketahui bahwa pengumuman ini palsu alias hoax.

Isi SMS atau broadcast yang diterima pengguna BlackBerry itu sebagai berikut.

A nuclear power plant in Fukushima, Japan exploded at 4:30 AM today. If it rains tomorrow or later, don't go outside. If you are outside, be sure that you have rain protectors. It's acid rain. Don't let it touch you. You may burn your skin, lose your hair or have cancer. Please pass, stay safe and remind everyone you know.

Jika diartikan, informasi ini memberitahu mengenai ledakan PLTN Fukushima dan memperingatkan warga agar tidak keluar jika terjadi hujan hari ini, Selasa (15/3). Sekalipun hujan dan anda beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya mengenakan pelindung karena hujan tersebut merupakan hujan asam.

"Jangan sampai terkena hujan. Kulit anda akan terbakar, rambut rontok atau bahkan terkena kanker. Teruskan informasi ini, tetap aman dan ingatkan semua orang yang anda kenal," demikian pesan tersebut jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Kabarnya, hoax atau berita bohong ini bermula di Filipina yang kemudian menyebar hingga ke Singapura dan Indonesia. Ahli nuklir langsung menyatakan berita ini tak benar. Ahli nuklir dari ketiga negara yang disebutkan telah menyatakan hal tersebut tak terjadi karena jaraknya terlalu jauh.

Selain itu, hujan radiasi baru terjadi jika reaktor nuklir benar-benar rusak atau meleleh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...