Gempa dan Tsunami Maha Dahsyat Melanda Jepang !



Gempa hebat melanda Jepang pada Minggu (11/3/2011) pukul 09.42 waktu setempat. Gempa berkekuatan 8,8 M itu terjadi cukup lama, sekitar selama 50 detik. Gempa ini mengakibatkan tsunami. Sejumlah rumah hancur, puluhan orang dilarikan ke RS dan seorang tewas.

Hingga berita ini diturunkan, informasi yang didapatkan dari sejumlah warga Indonesia di Jepang, semua televisi Jepang terus memberitakan gempa dahsyat di kawasan Ishikawa-ken, wilayah Hukuriku, Jepang itu. Gempa ini berpusat di dasar laut sebelah utara Ishikawa-ken, arah ke Korea-Cina. Ishikawa-ken merupakan salah satu wilayah semacam provinsi yang terletak di belahan utara pulau Honsu (pulau utama Jepang).

Wilayah ini sekitar 316 km arah Barat Laut Tokyo. Peringatan bahwa gempa ini bisa memunculkan tsunami sudah dikeluarkan pemerintah Jepang. "Dari tayangan televisi setempat, ada kerusakan kecil seperti isi rumah yang berantakan, pot bunga di taman-taman yang berjatuhan," kata Karmaji, mahasiswa Indonesia yang sedang berada di Hiroshima.

Di Hiroshima, gempa dahsyat ini tidak terasa, karena jaraknya cukup jauh. Sementara itu, seperti dikutip dari televisi NHK Jepang, akibat gempa ini, tsunami telah muncul di Suzu City setinggi 20 cm pada pukul 11.02 waktu setempat.

Di kawasan Busan, tsunami telah muncul dengan ketinggian 50 cm. Akibat gempa ini sekitar 40 orang dilarikan ke RS setempat. Sementara itu, seorang perempuan dinyatakan tewas.

Sejumlah aliran listrik di kawasan pantai Ishikawa-ken dipadamkan. Kereta-keretapi api bawah tanah juga dihentikan operasinya demi keamanan. Sedangkan, Pusat Listrik Tenaga Nuklir Kashiwazaki Kariwa tetap beroperasi normal, tidak terganggu.

Rumah-rumah yang roboh mayoritas ada rumah kayu yang tidak tahan gempa. Sementara rumah-rumah beton di kawasan itu relatif aman. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah memerintahkan pemerintah setempat untuk melakukan evakuasi penyelamatan dan pengecekan kerusakan infrastruktur.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...