Yu Wen Xia Terpilih Sebagai Miss World 2012


Gelar Miss World 2012 direbut oleh Miss China, Yu Wenxia, setelah mengalahkan pesaing terdekatnya, Miss Wales Sophie Elizabeth Mould (runner-up I) dan Miss Australia Jessica Michelle Kahawaty (runner-up II). Selain menjadi pemenang utama, Yu Wenxia dan Sophie Elizabeth Mould juga memenangi dua penghargaan lain, masing-masing Talent Champion dan Beach Fashion.

Pada malam final yang berlangsung di Dongsheng Fitness Center Stadium, di Ordos, Mongolia Dalam, Sabtu (18/8/2012) lalu, Yu juga menghentikan harapan 115 kontestan lainnya, di antaranya yang menjadi favorit, seperti Miss Mexico Mariana Reynoso dan Miss America Claudine Book. Adapun kontestan Indonesia, Ines Putri Tjiptadi, berhasil menempati urutan 14 di babak 15 besar.

Kemenangan ini menjadikan Yu sebagai kontestan China kedua yang memenangi ajang Miss World. Miss China pertama yang menjadi pemenang kontes kecantikan ini adalah Zhang Zilin (2007).

"Ketika masih remaja, aku merasa sangat beruntung karena begitu banyak orang yang membantuku. Maka, aku berharap di masa depan aku bisa membantu lebih banyak anak untuk merasa beruntung," ujar mahasiswa sekolah musik berusia 23 tahun ini ketika ditanya mengapa ia layak menjadi pemenang.

Yu menggambarkan dirinya sebagai orang yang selalu mengejar mimpinya dengan senyuman. Selain bercita-cita menjadi guru musik, Yu juga senang menyanyi, menari, main piano, hiking, dan travelling.

Para kontestan sudah berada di China selama hampir sebulan. Selain melakukan berbagai kegiatan pageant seperti syuting personal video, menjalani kompetisi top model dan beach wear, dan berbagai latihan lain, mereka juga menikmati tradisi Mongolia, seperti membuat yogurt di tenda pengembara dan mengenakan busana penduduk lokal untuk mendaki gurun pasir.

Kontes Miss World memang tidak sepopuler ajang Miss Universe, yang dimiliki oleh Donald Trump. Kontes ini tidak hanya mengharuskan para peserta berkompetisi dalam pakaian renang dan gaun malam, tetapi juga memamerkan kebolehan mereka dalam unjuk bakat, kebugaran, dan "Beauty with a Purpose", di mana kontestan mendapat penghargaan khusus untuk upaya amal yang mereka lakukan. Beberapa tokoh terkenal yang pernah memenangi Miss World adalah Halle Berry dan Lynda Carter (populer lewat peran Wonder Woman).

Seperti di Miss Universe, kontestan Venezuela adalah yang terbanyak memenangi Miss World (enam pemenang). Sedangkan India dan Inggris sama-sama memenangkan lima kontestan (Aishwarya Rai adalah pemenang tahun 1994). China sendiri sudah lima kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss World. Pada malam final, secara seremonial bendera merah diserahkan kepada perwakilan Indonesia. Tahun depan, final Miss World akan diselenggarakan di Pulau Dewata.

Daftar pemenang Miss World 2012
Miss World 2012: Yu Wenxia (China)
Runner-Up I: Sophie Elizabeth Moulds (Wales)
Runner-Up II: Jessica Michelle Kahawaty (Australia)
Beach Fashion: Sophie Elizabeth Moulds (Wales)
Talent Champion: Yu Wenxia (China)
Top Model: Atong Demach (Sudan)
Beauty with a Purpose: Vanya Mishra (India)
Social Media Award: Vanya Mishra (India)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...