Rawan Kejahatan, Ahok Pasang 1.000 CCTV di DKI



Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana memasang lebih dari seribu kamera pengintai atau CCTV pada sejumlah titik rawan kejahatan di ibukota. Pemprov DKI akan bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk merealisasikan sistem ini.

"CCTV ini ditembak dengan senjata apapun tidak akan rusak. Itu standarnya. Seperti CCTV yang dipasang di Ditlantas Polda dan Dinas Perhubungan," ujar Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 8 Januari 2012.

Tak hanya pada tempat-tempat yang rawan aksi kejahatan, Basuki pun meminta kepada para pengelola gedung perkantoran dan pemerintah untuk menggunakan CCTV sejenis. Ia berharap pemasangan CCTV ini dapat mengurangi kriminalitas di kota Jakarta.

"Agar kami bisa mengontrol jika terjadi kejahatan," kata Ahok, sapaan Basuki.

Menurut Ahok, ribuan CCTV anti peluru itu akan terhubung dalam satu sistem. Sehingga setiap kejadian dapat terpantau langsung.

"Nanti ada satu ruangan kontrol di Gedung Dinas Teknis, di Jalan Abdul Muis. Kami akan beri akses CCTV kepada masyarakat dan aparat lainnya," katanya.

Biaya pengadaan CCTV ini rencananya diambil APBD DKI 2013. Namun, Ahok belum bisa memastikan jumlah anggaran yang akan dikeluarkan.

"Kami lihat dulu anggarannya. Untuk lokasi, nanti kita akan koordinasi dengan Polda Metro Jaya," ungkapnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...