Inilah Isi Surat FIFA Yang Melarang LPI !

PSSI menyatakan bahwa penolakan terhadap kompetisi LPI karena mendapat tugas dari FIFA. Federasi sepakbola dunia itu menganggap keberadaan LPI tidak dapat dibenarkan. FIFA juga meminta PSSI untuk memberi sanksi terhadap pelaku-pelaku yang terlibat dalam kegiatan LPI.


Permintaan dari FIFA itu, kata Sekjen PSSI Nugraha Besoes, dilayangkan dalam bentuk surat tertanggal 11 Januari 2011. Besoes mengakui, PSSI memang mengirimkan surat terkait kegiatan LPI. Surat dikirim tanggal 10 Januari 2011. Artinya, surat langsung dibalas sehari kemudian.


"PSSI tetap tidak mengakui LPI. Sesuai dengan Statuta FIFA yang menjadi rujukan PSSI, PSSI akan menindak tegas siapa pun dari unsur-unsur keanggotaan PSSI yang terlibat dalam LPI," kata Nugraha Besoes, Kamis (13/1) di Hotel Atlet Century Park, Senayan.


Dalam pertemuan ini, Nugraha Besoes juga menguraikan tentang adanya surat dari FIFA bertanggal 11 Januari 2011. Dalam surat tersebut, FIFA meminta PSSI untuk mengambil tindakan tegas terhadap LPI sesuai aturan yang tertuang dalam Statuta FIFA. Jika sampai berlarut-larut, maka FIFA akan membawa kasus ini ke Sidang Komite Asosiasi FIFA yang dijadwalkan berlangsung pada 1 Maret 2011 di Zurich. Sidang tersebut bisa saja guna menentukan langkah-langkah yang akan diambil oleh FIFA, sesuai dengan Pasal 13 Statuta FIFA.


Nugraha Besoes menjelaskan, unsur pimpinan PSSI sebelumnya telah bertemu langsung dengan Sekjen FIFA Jerome Valcke dan Thierry Regenass, Direktur Asosiasi dan Pengembangan FIFA, saat berlangsungnya Kongres AFC di Doha, Qatar, 6-7 Januari lalu.


"Waktu itu mereka meminta kami menulis surat dan melaporkan perkembangan yang terjadi. Surat itu kami kirim pada 10 Januari lalu, dan tanggal 11 Januari datang balasan dari Zurich. Hanya selang sehari," tegas Nugraha Besoes.


Di pihak lain, juru bicara LPI Abi Hasantoso meragukan keaslian dari surat FIFA yang dipamerkan Nugraha Besoes. Menurutnya, keberadaan surat tersebut sangat janggal. "Sangat aneh, institusi sekelas FIFA membuat surat tanpa tanda tangan dari Ketua Umum atau Sekjen FIFA. Lebih aneh lagi, FIFA telah membalas surat PSSI hanya dalam rentang satu hari. Padahal surat dari FIFA keluar dalam waktu yang lebih lama. Berurusan dengan negara Italia saja, FIFA membutuhkan waktu berhari-hari. Ini surat sehari dikirim langsung dibalas. Sangat aneh," papar Abi Hasantoso.



Berikut kutipan suratnya:


"Kami memahami dari surat Anda bahwa PSSI telah berulangkali menyampaikan peringatan kepada pihak-pihak tersebut tentang masalah ini. Atas dasar tersebut dan berdasarkan statuta FIFA, PSSI harus menjatuhkan sanksi, kepada seluruh klub afiliasi, ofisial yang terlibat, termasuk para pemain yang terdaftar pada PSSI, termasuk perwakilan dari para pemain yang terlibat dalam kegiatan LPI.


Kami ingatkan Anda, bahwa PSSI harus sejalan dengan Statuta FIFA dan pelanggaran terhadap hal tersebut akan menjatuhkan sanksi (sesuai Pasal 13 Statuta FIFA)."


Kami meminta Anda untuk terus menginformasikan perkembangan masalah ini dan kami juga akan terus mengikuti perkembangan kasusnya. Jika masalah ini berlanjut, kami tak punya pilihan kecuali membawa kasus ini ke sidang Komite Asosiasi FIFA yang dijadwalkan pada tanggal 1 Maret 2011 guna menentukan langkah-langkah yang harus diambil olhe FIFA.".  Sumber : Berita Jatim


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...