Jangan Sembarangan Ngelindes Rokok dan Koran di Jalanan !

Magnet pengumpul paku Jakarta - Ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan paku terus terjadi. Masyarakat diimbau untuk tidak melindas barang-barang yang keliatannya sepele, seperti bungkus rokok, koran, kantung plastik atau korek api.


"Sebab kemungkinan di dalamnya ada paku," ujar Kasat Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Yakub saat dihubungi wartawan.



Dari hasil sweeping Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menemukan 10 kilogram paku yang dijadikan 'ranjau' di jalanan.


"Paku ini merupakan hasil operasi di empat wilayah di Jakarta selama Januari 2011," ujarnya.


Data dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan, ada 10 kilogram paku berserakan di ruas jalan di Jakarta. Berikut perinciannya.


Di kawasan Jakarta Barat, ranjau paku tersebar di sepanjang Jl Daan Mogot. Hasil operasi didapat 3,5 kilogram paku yang tersebar di jalanan.


Di kawasan Jakarta Utara juga tidak luput dari ranjau paku. Paku sebanyak 2 kilogram tersebar di dekat Pintu 2 Pertamina, Plumpang hingga Kodamar.


Di Jakarta Pusat, ranjau paku terdapat di Jl Hasyim Ashari, Jl Letjen Suprapto dan underpass Senen. Dari tiga lokasi itu, paku sebanyak 2,5 kilogram berhasil disapu petugas.


Sementara di kawasan Jakarta Selatan, paku sebanyak 2 kilogram dibersihkan di ruas Jl TB Simatupang dan Jl Kartini.


Sementara itu, kawasan rawan ranjau paku yang perlu diwaspadai diantaranya:


1. Jakarta Barat: di Jl S Parman dari RS. Harapan Kita arah lampu merah Slipi (termasuk Fly Over Slipi) dan dari lampu merah Slipi ke arah Tomang.


2. Jakarta Selatan, ranjau paku terdapat di flyover Permata Hijau ke arah Pondok Indah (depan Masjid Istiqomah), dari William Mobil ke arah lampu merah Kostrad, Jl Prof. Satrio (dari Mal Ambassador ke arah Jalan Casablanca), terowongan Casablanca (kearah Mal Ambassador).


3. Jakarta Timur di Jl TB Simatupang (Terutama dekat flyover Lenteng Agung dan ke arah Pasar Minggu), dari Menara Saidah ke arah perempatan Kuningan, Jl MT Haryono (terutama perempatan Patung Pancoran dan flyover Pancoran).


4. Jakarta Pusat, ranjau paku terdapat di Jl Letjen Suprapto dan underpass Senen, Jl Gatot Subroto hingga ke perempatan lampu merah Kuningan dan arah sebaliknya, Jl Majapahit (dari Tanah Abang menuju Harmoni), Jl Gatot Subroto dari depan Bank Mandiri sebelum Polda Metro Jaya sampai Semanggi.


Selain berhati-hati melindas barang yang kelihatan sepele, polisi juga meminta masyarakat untuk mewaspadai titik-titik rawan tersebut. Masyarakat juga diimbau agar memilih ruas jalan yang akan dilalui.


"Jangan melintas di kiri jalan, ambil jalur agak ke tengah, karena paku–paku biasanya disebarkan di kiri jalur jalan," katanya.  E Mei Amelia R - detikOto

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...