5 Alasan Konyol Perceraian di Arab Saudi

Tingkat peceraian pasangan di Arab Saudi akhir-akhir ini menunjukan tren peningkatan. Ada banyak yang melatar belakangi perceraian tersebut. Mulai tidak adanya kecocokan, hingga alasan aneh yang terkesan dibuat-buat.

Sementara itu, menurut Profesor Sosiologi Muhammad Al-Saif dari Universitas Qassim mengatakan jika masalah seks adalah penyebab perceraian tertinggi.

"Kebanyakan sosiolog dan peneliti di Saudi menghindari menyebut s3ks sebagai penyebab utama perceraian dan fokus mencari alasan lain," ujar dia, dilansir dari stasiun televisi Al Arabiya.

Sementara menurut survei, lebih dari 40 persen suami di Saudi memiliki masalah terkait kehidupan seksualnya bersama pasangan. Al-Saif meyakini jika kurikulum seputar seks ini menjadi strategi baik menanamkan nilai-nilai etika dalam masyarakat.

"Dengan mengajarkan seks dan reproduksi pada mahasiswa hingga warga usia 35 tahun bisa mendewasakan diri dan menekan angka perceraian," pungkasnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Kami rangkum 5 perceraian di Arab dengan alasan yang aneh.

1. Istri Diceraikan Karena Terlalu Romantis

Seorang pria di Arab Saudi menceraikan istrinya yang baru dinikahi tiga bulan lantaran sang istri terlalu romantis. Dikabarkan, pria tersebut terkejut ketika istrinya menghabiskan banyak uang untuk membeli lilin dan bermacam-macam benda untuk menciptakan suasana romantis di rumahnya.


"Sang suami menuduh istrinya memiliki ilusi setelah dia menghabiskan sejumlah besar uang dan meminjam Rp 15 juta dari kakak iparnya untuk membeli sejumlah besar lilin dan barang-barang lain untuk membuat tampilan rumahnya lebih romantis," tulis koran Sada.

"Dia kemudian menceraikan istrinya karena dia lebih suka untuk tidak memiliki anak dari seorang wanita yang memiliki ilusi seperti itu," tulis laporan itu, tanpa menyebutkan lebih lanjut identitas pasangan suami istri tersebut.

2. Istri Gugat Cerai Usai Disuntik Narkoba Oleh Sang Suami

Seorang istri mengajukan gugatan cerai ke pengadilan karena perbuatan tidak menyenangkan dari suaminya. Dalam laporan permohonannya, wanita 20 tahun ini menyebut telah disuntik narkotika oleh suaminya sendiri. Pengadilan lantas mengabulkan gugatan tersebut meski tanpa persetujuan sang suami, dilansir dari stasiun televisi Al Arabiya.

Diketahui pria 30 tahun itu menyuntikan obat narkotika pada istrinya ketika dalam keadaan koma. Ia lantas mengakuinya saat sang istri tersadar. Wanita yang telah memiliki anak berusia 2 tahun itu lantas menjalani sejumlah tes laboratorium untuk membuktikan perbuatan suaminya. Hasil tes menunjukan ia postif disuntik narkotika.
Pengadilan lantas mewajibkan wanita tersebut membayar Rp 93 juta sebagai pengganti mas kawin dari suaminya sewaktu menikah.

3. Suami Dibilang Mirip Kuda Ceraikan Istrinya

Seorang suami yang juga penyair asal Arab Saudi menceraikan istrinya sebab dibilang mirip kuda non ras dalam sebuah syairnya. Sebutan mirip kuda itu disematkan oleh sang istri melalui sebuah puisi. Tidak diketahui motif sang istri menggunakan kiasan tersebut, dilansir dari Emirates 247.

Yang jelas, sang istri menyamakan suaminya seperti kuda miliknya, Jurouh.
Bait puisi itu pun dimuat dalam sebuah surat kabar.

"Saya datang padaku... oh Jurouh... hatiku telah terluka oleh kuda non-ras (suami)," demikian penggalan bait puisi yang dilansir oleh surat kabar Sada.

"Setelah mendengar kata-kata itu, sang suami segera menceraikannya," demikian tulis surat kabar itu.

4. Istri Kerasukan Jin, Suami Gugat Cerai

Seorang suami asal Saudi menggugat cerai istrinya lantaran sering kerasukan jin.
Oleh pengadilan setempat, gugatan tersebut dikabulkan. Pria yang tidak disebutkan namanya ini mengaku menyerah dengan kondisi sang istri. Padahal, ia sering mendatangkan ulama dan paranormal untuk mengatasi sang istri namun tidak berhasil.
Selain itu, sang istri yang kerasukan juga ogah melayaninya di tempat tidur, dilansir dari Al-Arabiya.

Dia pun sering mendiskusikan hal ini kepada keluarga besarnya untuk mendapatkan solusi.
Akhirnya, setelah dilakukan persidangan beberapa kali, pengadilan Kota Dubai memutuskan menerima gugatan sang suami.


Pria itu pun diwajibkan membayar kompensasi sebesar Rp 134 juta karena melakukan talak.
Namun, belakangan keputusan pengadilan dibatalkan sebab diketahui sang istri berbohong saat tengah kerasukan. Kasus ini pun masih dalam penyelidikan.

5. Istri Tidak Sesuai Bayangan, Suami Gugat Cerai Di Pesta Pernikahan

Momen kebahagiaan di sebuah pesta pernikahan di Arab Saudi berakhir ketika mempelai pria menjatuhkan talak saat itu juga. Rupanya mempelai pria yang belum pernah melihat wajah calon istrinya merasa kecewa sebab ia tidak sesuai ekspetasinya.


Selain itu, keduanya juga pertama kali bertemu di pesta pernikahan mereka. Kata cerai pun langsung diucapkan ketika sang pria meminta fotografer membukakan kain cadar yang menutupi wajah istrinya untuk berfoto bersama.

"Kau bukanlah wanita yang ingin aku nikahi," tutur sang pria yang tak diketahui namanya tersebut.
"Kau bukanlah wanita seperti yang aku bayangkan. Aku minta maaf, tapi aku akan menceraikanmu," lanjutnya lagi, dilansir dari laman Okaz.
Tidak hanya itu, mempelai wanita dikabarkan shock berat dan langsung pingsan mendengar talak dari suami yang baru ia nikahi beberapa jam.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...