Ganjar Sayangkan Umat Budha-Hindu Bayar Untuk Beribadah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyayangkan umat Budha dan umat Hindu harus membayar sejumlah uang kepada pengelola untuk bisa beribadah di Candi Borobudur serta Candi Prambanan.

"Dulu sudah saya sampaikan ke Wakil Presiden dan Menteri Agama saat itu untuk kita buatkan tempat khusus bagi mereka (umat Budha dan umat Hindu) sehingga saat beribadah tidak perlu membayar," kata Ganjar di Semarang, Kamis.

Menurut Ganjar, pada tempat khusus untuk beribadah itu juga perlu dibuatkan pintu masuk khusus sehingga tidak mengganggu wisatawan yang berkunjung di Candi Borobudur serta Candi Prambanan.

"Dengan adanya akses masuk tersendiri itu maka mereka akan lebih khusyuk beribadah dan tidak perlu membayar," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Terkait dengan hal tersebut, Ganjar mengaku telah meminta kepada Parisada Hindu Dharma agar cepat menentukan konsep dan lokasi tempat khusus untuk beribadah di kompleks Candi Prambanan.

"Kalau itu sudah disiapkan semua, saya ingin hal itu bisa direalisasikan pada 2015," katanya.

Setelah tempat khusus untuk beribadah di kawasan wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan itu direalisasikan, kata Ganjar, maka seluruh umat Budha dan umat Hindu dari berbagai daerah diharapkan bisa memanfaatkannya.

"Tempat khusus untuk beribadah itu nantinya tidak untuk umat lokal saja, tapi dari seluruh daerah," ujarnya. ( Antaranews )


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...