Inilah Kiper Yang Menggantikan Van Der Sar !

Kiper Atletico Madrid David de Gea akhirnya dipastikan bergabung ke Manchester United. Tidak tanggung-tanggung, De Gea bahkan memecahkan rekor transfer penjaga gawang di Inggris.

Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson bergerak cepat mendatangkan De Gea yang diproyeksikan untuk menggantikan peran Edwin van der Sar. Kabar itu muncul tiga hari menjelang laga final Liga Champions MU melawan Barcelona di Stadion Wembley, London, 28 Mei nanti. Pertandingan final itu sekaligus sebagai laga terakhir kiper asal Belanda yang telah bulat memutuskan pensiun di akhir musim ini setelah enam musim bembela MU.

Sir Alex memberikan kofirmasi bahwa De Gea sepakat merapat ke Old Trafford dan bakal menandatangani kontraknya dengan Setan Merah musim panas nanti. Nilai transfernya terbilang fantastis dan ditaksir berkisar 17 juta poundsterling (sekitar Rp238 miliar).

Besarnya nilai transfer tersebut menunjukkan betapa Sir Alex benar-benar sangat membutuhkan sosok penjaga gawang yang dinilai setipe dan mampu menggantikan peran gemilang Van der Sar itu. Dengan nilai transfer sebesar itu, De Gea melampaui nilai yang ditorehkan Craig Gordon sebesar 9 juta poundsterling (sekitar Rp126 miliar) saat dibeli Sunderland dari klub Skotlandia Hearts pada 2007. De Gea yang kini berusia 20 tahun itu menjadi penjaga gawang termahal kedua setelah Gianluigi Buffon yang diboyong Juventus dari Parma pada 2001 dengan nilai 32 juta poundsterling (sekitar Rp448 miliar).

"Kami telah cukup lama mengidentifikasi dia (De Gea) sebagai kiper yang harus kami gaet. Dia masih muda, sangat cepat, tenang, bagus untuk menggantikan Van der Sar," ungkap Sir Alex sebagaimana dikutip The Guardian, Rabu (25/5/2011).

"Kami mencari kipper yang kualitasnya sama dengan Edwin (van der Sar) karena kualitas hebat yang selalu dipunyai Edwin ialah ketenangannya dan kemampuan organisasionalnya. David de Gea sangat mirip dengannya."

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...