WikiLeaks - Pemimpin Libya Muammar Qaddafi Doyan Cewek Montok !

WikiLeaks Bocorkan Komentar Rahasia AS terhadap Sejumlah Pemimpin Dunia


Situs whistleblower WikiLeaks terus bikin sensasi. Yang terbaru, WikiLeaks membocorkan komentar diplomat AS terhadap sejumlah pemimpin dunia yang menjadi sekutu maupun rivalnya.



Seperti dilansir telegraph.co.uk pada Senin (29/11/2010) lalu dan dikutip DetikNews, ada sejumlah pemimpin negara yang dikomentari secara rahasia oleh AS. Berikut adalah beberapa contohnya:


Pemimpin Libya, Muammar Qaddafi


Jika bepergian, Qaddafi harus membawa seorang suster pirang nan montok asal Ukrainia. Qaddafi juga takut tinggal di ketinggian dan tidak suka terbang di atas perairan. Penggemar balap kuda dan tari Flamenco ini marah saat dilarang mendirikan tenda ala Arab Badui di Kota New York.


Presiden Rusia Dmitry Medvedev & PM Rusia Vladimir Putin

Diplomat AS menyebut Putin sebagai Batman dan Medvedev sebagai Robin. Robin pasti selalu manut dengan Batman. Putin pun disebut 'anjing alfa' karena berupaya menampilkan citra macho dan otoriter. Sikap otoriter ini terutama dalam hubungannya dengan PM Italia Silvio Berlusconi. Lantas, bagaimana komentar AS soal Berlusconi?


PM Italia Silvio Berlusconi

Diplomat AS menilai Berlusconi sangat dekat dengan Putin. Mereka suka bertukar hadiah mahal. AS khawatir Berlusconi jadi juru bicara Putin di Eropa. Berlusconi dibilang lemah secara fisik dan politik serta seorang pemimpin Eropa yang tidak efektif. Kegemarannya berpesta sampai larut malam membuatnya kurang istirahat.


Presiden Prancis Nicholas Sarkozy

Sarkozy diibaratkan sebuah dongeng anak-anak 'Kaisar Tanpa Busana' dalam sebuah memo AS. Dia dianggap tidak menyadari realitas di sekitarnya.


Kanselir Jerman Angela Merkel

Merkel disebut menghindari risiko dan jarang kreatif. Merkel diejek sebagai Teflon, tidak ada yang bisa menempel dengan dia.


Presiden Afghanistan Hamid Karzai

Karzai disebut paranoid. Dia sangat lemah dan tidak mau mendengarkan fakta. Malah dia lebih mendengarkan pembisik bahkan untuk keterangan yang paling aneh sekalipun.


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

AS menyamakan Ahmadinejad dengan Adolf Hitler. Raja Abdullah dari Saudi Arabia tidak menyukainya dan kerap meminta AS menyerbu Iran. Memotong kepala ular, begitu istilah dari Raja Abdullah jika AS menghancurkan Ahmadinejad.


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

Diktator yang satu ini disebut AS sebagai orang tua gila. Mugabe diakui kejam tapi ahli strategi yang brilian. Egonya tinggi dan percaya kalau dia tidak pernah salah.


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il

Diktator ini disebut sebagai kakek tua lemah, menderita trauma fisik dan psikologis karena stroke. AS dan Korsel siap menggabungkan Korea jika Korut hancur.


Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh

Ali Abdullah Saleh dikatakan sebagai seorang yang pembosan dan tidak sabar. Namun yang mengejutkan adalah terkait maraknya bom di Timur Tengah yang kerap disebut media sebagai aksi teroris Al Qaeda. "Kami akan terus mengatakan kalau bom-bom itu dari kami, bukan dari kalian," kata Saleh kepada Jenderal David Petraeus, mantan komandan perang AS di Timur Tengah.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...