Patung Bugil di Istana Bogor yang Dipaksa Berbusana !



Salah satu keistimewaan Istana Bogor dibanding Istana kepresidenan lain adalah koleksi benda seni. Khususnya lukisan dan patung yang menghiasi hampir seluruh penjuru istana.

History of naked Statue in Bogor Palace !


Tapi keistimewaan itu sedikit banyak ternoda oleh modifikasi. Tentu saja tujuan modifikasi itu baik, tetapi hasil akhirnya sungguh mengganggu rasa keindahan bagi yang memandangnya.


Benda karya seni yang jadi korban modifikasi itu adalah koleksi patung sosok manusia bergaya Yunani. Baik patung yang terbuat dari perunggu maupun pualam peninggalan era kolonial.


Layaknya patung bergaya Yunani yang dibuat pada abad 18-19, patung yang dipajang di Istana Bogor, Kamis (21/10/2010), juga sangat mengekspose lekuk tubuh. Meski tampil terbuka, tapi bagian vital pasti dalam posisi yang tersamar.


Tetapi tampilan karya seni minim busana itu bagi sebagian orang tak sesuai dengan norma-norma sopan santun. Maka patung-patung malang dipaksa mengenakan busana.


Setidaknya ada dua patung di Istana Bogor yang dipaksa berbusana. Yang pertama ada di sudut lorong menuju hall utama.


Patung terbuat dari pualam tersebut ditutup dengan dengan kain warna putih hingga hanya terlihat bagian kepala saja. Tetapi patung wanita yang duduk bersimpuh setinggi pinggang orang dewasa itu jadi lebih mirip pocongan penunggu pojokan.


Sedangkan yang paling mencolok adalah patung perunggu di selasar utama Istana Bogor. Patung perunggu yang menggambarkan sosok wanita itu dipaksa mengenakan pakaian santai dengan motif batik plus bros bunga matahari.


Mungkin maksudnya untuk menutup tubuh bagian patung yang dinilai kurang senonoh. Tetapi modifikasi ini justru mencederai keindahan dan malah jadi terlihat sebagai korban pemerkosaan pandangan yang tak pada tempatnya.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...