15 Universitas Terbaik China Hadir di Jakarta !


Banyak yang mengira biaya belajar ke luar negeri di universitas atau sekolah bermutu sangat mahal, namun tidak demikian jika di China, kata penyelenggara Pameran Pendidikan China 2010 dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis.

Pameran Pendidikan China (China Education Fair) 2010 yang terlengkap akan digelar di Jakarta pada 8 dan 9 Mei mendatang di lantai 1 Hall B Mangga Dua Square, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Penyelenggara pameran, Beijing Language Culture Institute Indonesia, mengundang puluhan universitas pemerintah China terbaik serta universitas-universitas dari Inggris, Prancis, Kanada, dan Australia yang kampusnya berada China, hadir dalam acara itu.

Pameran itu digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dan 60 Tahun Hubungan China-Indonesia.

"Tujuan dari pameran yang diadakan dua kali setahun ini untuk memberikan kesempatan bertatap muka antara calon mahasiswa dan pihak Universitas terbaik secara langsung," kata Samuel Wiyono MBA, Ketua Pertukaran Mahasiswa dan Pengajar Asing Beijing Language Culture Institute Indonesia.

Menurutnya, pameran pendidikan kali ini merupakan yang terlengkap karena selain universitas berbagai kota besar di China, juga menawarkan pendidikan mulai dari belajar bahasa Mandarin, SLTA, Pre-University/Foundation, hingga kuliah untuk gelar Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) dalam berbagai bidang studi.

Baik yang menggunakan pengantar bahasa Mandarin maupun Inggris seluruhnya, serta program gelar Sarjana S1 dan S2 universitas-universitas Inggris, Perancis, Australia dan Canada yang kampusnya berada di China.

Jumlah universitas pemerintah China yang menawarkan perkuliahan jenjang S1 dan S2 menggunakan bahasa Inggris juga bertambah sehingga dapat mempersingkat waktu dan menghemat biaya mahasiswa Indonesia yang belum menguasai bahasa Mandarin.

Biaya kuliah pun makin kompetitif. Misalnya, uang sekolah belajar bahasa Mandarin atau gelar sarjana (S1) di universitas pemerintah China ditawarkan mulai RMB12.000 per tahun atau sekitar Rp16 juta, katanya.

Sedangkan Program Sarjana dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris seluruhnya, ditawarkan mulai dari RMB15.000/tahun atau berkirsar Rp19,8 juta, berikut belajar bahasa Mandarin secara cuma-cuma.

Ada lima universitas pemerintah menawarkan gratis apartement/asrama di lima kota besar China yakni di Ningbo, Nanchang, Hefei, Suzhou, dan Nanjing untuk program tertentu.

Selain Universitas Pemerintah China, Universitas yang menawarkan Pre University/Foundation atau gelar Sarjana (S1 & S2) dari universitas terkemuka Inggris, Perancis, Canada dan Australia di kampus China pun jumlahnya meningkat dalam pameran ini.

Universitas tersebut menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan.

Beberapa diantaranya memberikan pelajaran bahasa Mandarin secara gratis dan salah satunya juga memberikan dua ijazah dari China dan dari Universitas Inggris serta memberikan potongan uang kuliah hingga RMB10.000 atau berkisar Rp13,2 juta.

Yang menarik lainnya adalah program penerimaan siswa lulusan SMU kelas 2 atau O level melalui jenjang International Foundation Year dari Konsurtium Universitas Inggris yang dapat mempersingkat waktu dalam meraih gelar Sarjana dari Universitas Inggris.

Total biaya yang dihemat meraih gelar Sarjana S1 dari Inggris jika seluruhnya dilakukan di China bisa mencapai Rp485 juta.

Demikian juga, menurut Samuel, dengan Gelar Pascasarjana MBA Australia bisa menghemat biaya jika seluruh perkuliahnnya dilaksanakan di China, contohnya uang kuliah di China untuk gelar MBA Australia hanya RMB40.000 atau berkisar Rp 52,8 juta/tahun termasuk gratis belajar bahasa Mandarin.

Berikut 15 universitas terbaik yang dijadwalkan hadir dalam Pameran pendidikan China di Jakarta:

1. Beijing Jiaotong University (BJTU)
2. South China University Technology-Guangzhou (SCUT)
3. East China University Science Technology-Shanghai (ECUST)
4. Jiangxi Normal University-Nanchang (JXNU)
5. Ningbo University (NBU)
6. Xian Jiaotong Liverpool University-Suzhou (XJTLU)
7. Chongqing Medical University (CQMU)
8. Suzhou University Science Technology (SUST)
9. Nanjing University Aeronautics Astronautics (NUAA)
10. Sino British College-Shanghai (SBC)
11. Zhejiang University Science Technology-Hangzhou (ZUST)
12. Dong-bei University Finance Economics-Dalian (DUFE)
13. Guangxi Teachers Education University-Nanning (GXTEU)
14. Blue Mountains Hotel SchoolS Suzhou (BMHS)
15. Anhui University-Hefei (AHU).
(Kurs: 1 RMB = Rp1.320)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...