Jl RE Martadinata Ambles Sedalam 7 Meter !


Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Timur Pradopo meninjau lokasi amblasnya Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/9/2010).

Kapolda datang untuk melihat langsung sisi jalan menuju Pelabuhan Tanjung Priok yang ambles sedalam tujuh meter dengan panjang 103 meter pada pukul 03.15 Kamis dini hari tadi.

Menurut Kapolda, pihaknya langsung mengantisipasi kejadian itu dengan mengalihkan arus lalu lintas yang melewati jalur tersebut sambil menunggu penelitian mengenai penyebab dan kemungkinan dampak dari ambrolnya jalan itu.

"Untuk penyebab ambrolnya jalan, akan dibentuk tim dari kepolisian bekerja sama dengan dinas PU," ujar Timur Pradopo.

Untuk sementara, sisi jalan yang tidak ambles dari arah Tanjung Priok menuju Ancol juga hanya boleh dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

"Untuk jalan yang boleh dilalui, kita menunggu hasil penelitian dinas PU, berapa tonase kendaraan yang boleh melintasi Jalan RE Martadinata dari sisi yang tidak ambrol," papar jenderal bintang dua tersebut.

Sementara itu, Direktur Wilayah II PT Binamarga Winarno yang ditemui di lokasi mengatakan, jalan ambrol akibat penurunan tanah.

"Tanah yang dilakukan peninggian jalan 60 sentimeter dengan dibeton 30 sentimeter, serta terjadi pengerukan Kali Jabat, tempat lalu lintas kapal laut sandar," ujarnya.

Menurut Winarno, ambrolnya jalan akibat tanah lunak. Di sana, jalan yang ditinggikan mengalami abrasi. "Pengerukan yang dilakukan menyebabkan tanah lunak terkena air Kali Jabat. Dikeruk KPLP," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya secepatnya akan memasang tiang pancang di lokasi ambrolnya jalan. Dia mengatakan, kerugian akibat ambrolnya jalan itu diperkirakan mencapai Rp 2,8 miliar. "Satu dua hari ini akan ada tim teknis untuk melakukan penelitian penyebab ambrolnya jalan. Untuk mencegah ambrolnya jalan, akan dilakukan penurapan di lokasi kejadian," tutupnya. kompas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...