Gelas Shrek McDonald Berbahaya ( Alert ! )



Kandungan kadmium telah ditemukan di lukisan Shrek pada gelas yang dijual McDonalds seluruh dunia. Raksasa burger ini merogoh US$12 juta (Rp 109,2 miliar) untuk menarik kembali secara besar-besaran produk itu.

Gelas Shrek McDonald

Komisi Perlindungan Konsumen Produk AS, yang mengumumkan ini pada awal Jumat lalu, memperingatkan komsumen untuk segera berhenti menggunakan gelas Shrek tersebut karena dianggap berbahaya.

McDonald mengatakan mereka memberikan instruksi menyngkut soal itu minggu depan.

Gelas 16 ons ini dijual dengan harga US$2 (Rp 18 ribu) sebagai bagian dari promosi kampanye film Shrek Forever After yang hadir dalam 4 desain yaitu karakter Shrek, Princess Fiona, Puss in Boots dan Donkey.

Komisi tersebut mencatat pemberitahuan yang menyebutkan bahwa 'penggunaan jangka panjang dari kadmium dapat menyebabkan dampak merugikan bagi kesehatan'. Kadmium dikenal sebagai carcinogen yang dapat menyebabkan pelunakan tulang dan beberapa masalah ginjal.

Dalam kasus gelas bertema Shrek ini, bahaya potensial adalah berdampak jangka panjang akibat level rendah pada kadmium, di mana gambar tersebut dapat menyentuh tangan anak dan masuk ke tubuh anak saat tangan yang tanpa dicuci tersebut masuk ke mulut.

Kadmium dapat digunakan untuk menciptakan warna merah dan kuning dalam lukisan. Juru bicara McDonald's, Bill Whitman mengatakan bahwa pigmen di lukisan tersebut memang mengandung kadmium.

"Jumlah yang sangat sedikit dari kadmium dapat muncul dari permukaan gelas dan sebagai cara proteksi bagi anak, komisi perlindungan konsumen produk dan McDonalds bekerja sama untuk menarik kembali produk ini," kata juru bicara komisi Scott Wolfson.

Dia tidak memberikan jumlah spesifik dari kadmium yang muncul di gambar Shrek ini, namun mengatakan jumlah tersebut 'di bawah level keamanan yang ditentukan oleh pihak berwenang'.

Wolfson mengatakan dalam kasus gelas itu, "jumlah kadium jauh di bawah perhiasan metal untuk anak yang ditarik komisi baru-baru ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...