Foto Penampakan Awan Mbah Petruk di Letusan Merapi !

Awan aneh yang membentuk setokoh punakawan petruk muncul di puncak merapi munsul senin 1 november kemarin. Foto penampakan awan mbah petruk yang muncul setelah letusan merapi ini diambil oleh seorang warga magelang bernama suswanto. Kontan saja ini membuat warga sekitar merapi menjadi ketar ketir dan lebih resah, sebenarnya apa yang terjadi dengan gunung merapi.



Foto penampakan awan mbah petruk di gunung merapi itu lantas menyebar dengan cepat dan menghebohkan dunia maya. Ada yang percaya, itu adalah petanda, Merapi akan muntab dengan kekuatan yang lebih besar.


Arah hidung Petruk yang menunjuk Selatan dianggap tanda, bahwa wilayah Selatan akan mengalami kerusakan paling parah.


Namun, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Subandrio tak sepakat dengan anggapan itu. Dan menilai bahwa awan itu bukan petanda apa-apa, apalagi tanda letusan. "Jelas bukan," kata Subandrio saat dihubungi VIVAnews, Senin malam, 1 November 2010.


Meski demikian, Subandrio mengaku paham. "Kami memahami keyakinan mereka, tak menyalahkan. Itu belum hilang di masyarakat, termasuk masyarakat Selatan, masyarakat Utara dengan berbagai versi," tambah dia.


Menurut dia, ini adalah tantangan bagi mitigasi bencana dari aspek sosial -- bagaimana mengubah pandangan masyarakat agar lebih ilmiah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...