Rumah Bung Karno Terjual Rp 35 Miliar !

Istana Gebang atau rumah masa kecil mantan Presiden Soekarno di Blitar akhirnya dibeli Pemprov Jatim seharga Rp 35 miliar



Polemik penjualan Istana Gebang berakhir sudah. Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akhirnya sepakat membeli rumah masa kecil mantan Presiden Soekarno itu dari pihak ahli waris, Ny Soekarmini Wardojo seharga Rp 35 miliar.


Dana pembelian rumah orangtua Proklamator Indonesia yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan itu, Rp 25 miliar dari APBD Pemprov Jatim dan Rp 10 miliar dari APBD Pemkot Blitar.


Sebelumnya, ahli waris Ny Soekarmini Wardojo mematok harga jual Istana Gebang, yang dikenal warga sekitar dengan sebutan Ndalem Gebang, senilai Rp 50 miliar. Namun setelah proses tawar menawar, akhirnya disepakati harga Rp 35 miliar.


"Prinsipnya, soal harga sudah ada deal dengan pihak ahli waris. Rencananya Istana Gebang yang merupakan bangunan cagar budaya ini akan kita jadikan Museum Bung Karno," jelas Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar kepada Surya, Jumat (26/11/2010) malam.


Samanhudi mengaku, pada awalnya pihak keluarga tetap bersikukuh menjual dengan harga tinggi, Pemkot jelas tidak akan mampu membelinya. Pihaknya kemudian sempat menawarkan agar aset Istana Gebang yang ada di Jalan Sultan Agung No 69, sekitar 2 km ke arah selatan dari Makam Bung Karno ini, ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya dengan tujuan agar Istana Gebang tidak dipindahtangankan ke pihak asing yang juga tertarik.


Namun karena ahli waris bersikukuh menjual, setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya disepakati dengan harga Rp 35 miliar itu. "Karena ini merupakan peninggalan budaya bernilai sejarah tinggi serta mampu menarik wisatawan, maka Pemkot berupaya mengelolanya menjadi paket pariwisata selain wisata makam Bung Karno," tandasnya.


Dijelaskan Samanhudi, pembelian Istana Gebang yang berdiri di lahan seluas 1,4 hektare ini bakal direalisasi pada anggaran tahun depan. Pemkot Blitar akan meminta bantuan anggaran dari dana APBN untuk merehab menjadi bangunan museum. "Khusus bangunan induk tetap dibiarkan seperti semula," tambahnya.


Di Museum Bung Karno nanti, akan dipajang benda-benda dan peninggalan yang terkait dengan kehidupan Bung Karno sejak masa kecil sampai akhir hayatnya. "Banyak sekali benda-benda dan barang-barang peninggalan Bung Karno yang tersebar dimana-mana, nanti kami kumpulkan di museum," jelasnya.


Untuk menghimpun peninggalan Bung Karno tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga Pemkot Blitar perlu meminta tambahan anggaran dari APBN. Selain itu, pemindahan barang ke Blitar dipastikan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Samanhudi mencontohkan, untuk memindahkan koleksi pesawat tempur yang dibeli semasa pemerintahan Bung Karno dari Yogyakarta ke Blitar, bakal membutuhkan biaya besar. Demikian pula untuk menghimpun peninggalan lainnya, mulai dari sepeda, sepeda motor serta mobil yang pernah digunakan Bung Karno.


Keberadaan Museum Bung Karno nanti diharapkan semakin melengkapi paket wisata sejarah yang ada di Kota Blitar, selain makam Bung Karno di Bendogerit.


Di areal Istana Gebang ini, setiap tanggal 6 Juni diselenggarakan haul dan berbagai macam kesenian yang selalu didatangi banyak pengunjung. Salah satu acara tahunan yang digelar Pemkot Blitar itu adalah Grebeg Pancasila. Keluarga Soekarno juga masih sering berkumpul di istana ini.


Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo memang telah berencana untuk membeli Istana Gebang dari ahli waris. Pembelian Istana Gebang dimaksudkan untuk melestarikan bangunan bersejarah yang ada di Jatim.


Gubernur berharap, seluruh bangunan bersejarah yang ada di Jatim bakal dilestarikan. Apalagi di Jatim terdapat makam tokoh-tokoh penting. Selain makam Bung Karno di Blitar, ada makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang.


Sementara itu Kabag Humas Pemkot Blitar, M Hadi Maskun menambahkan, untuk keperluan renovasi bangunan Istana Gebang, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran sekitar Rp 100 miliar. "Mudah-mudahan anggaran untuk renovasi tidak meleset," harapnya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...