Ini Ibukota Pengganti Jakarta Usulan Facebookers !


Wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke daerah lain pernah dilontarkan berulang kali. Terakhir tahun 2009 ada pernah diusulkan pindah ke Palangkaraya namun hingga kini tak ada rencana realisasinya.

Padahal dulu jaman perjuangan, ibukota pernah pindah ke Yogyakarta dan Bukittinggi kemudian kembali lagi ke Jakarta hingga sekarang.

Penduduk Jakarta yang memiliki KTP per April 2010 tercatat 8,5 juta jiwa belum termasuk pekerja yang membanjiri Jakarta pada pagi hingga sore hari yang berasal dari kota atau daerah di sekelilingnya seperti Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung dan tempat lain.

Luas provinsi DKI Jakarta hanya 661,52 km2 dan lautan seluas 6.977,5 km2 serta tercatat ±110 pulau di Kepulauan Seribu. Padahal jumlah kendaraan 9,6 juta terdiri dari 70 persen adalah sepeda motor, 27 persen mobil dan 3 persen bus kota. Bila ruas jalan hanya sekitar 6 persen, tentu jalan hampir penuh dengan kendaraan pada jam sibuk.

Tribunnews.com mempersilakan facebooker untuk menyampaikan usulan daerah atau kota mana sebagai pengganti Jakarta bila ibukota ini benar benar akan dipindah, Rabu (4/8/2010). Selama satu jam disharing di facebook, sudah masuk lebih dari 60 komentar.

Bila dikelompokkan berdasar pulau, maka facebooker menginginkan ibukota dipindah ke pulau Sumatera, 9 komentar yaitu pilihan kota Palembang, Lampung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Aceh dan sebagainya.

Sedangkan pulau Kalimantan diusulkan oleh 14 facebooker dengan alasan jarang ada gempa, posisi di tengah-tengah, daerahnya luas, belum terlalu maju, berbatasan dengan negara tetangga, mudah menjangkau ke Indonesia Barat maupun Indonesia Timur.

Beberapa kota di Kalimantan menjadi alternatif, menurut faceboker, yaitu Balikpapan, Palangkaraya, Kutai Kartanegara dan lain lain. Selain itu ada juga facebooker mengusulkan ibukota pindah ke Makassar, Papua, Aceh, Pacitan, Ujung Kulon, Ngawi, Surabaya, Batam dan beberapa kota lainnya.

Namun banyak juga facebooker mengaku pesimis dengan rencana pemindahan ibukota ini karena berbagai alasan yaitu biaya sangat mahal, proses lama dan alasan lain sehingga tidak menginginkan pemindahan tetapi perluasan wilayah.

Secara kasat mata, dari puluhan komentar itu mengerucut ada keinginan facebooker agar ibukota dipindah ke wilayah Indonesia Bagian Tengah yaitu Kalimantan. Wallahu a'lam bishshowab. tribun news
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...