Gamelan Masuk Kurikulum Pelajaran di Amerika !


Musik tradisi gamelan dan tarian asal Indonesia meskipun baru 15 tahun yang lalu masuk Amerika Serikat, sekarang telah masuk dalam kurikulum pendidikan di negara ini dari tingkat taman kanak sampai perguruan tinggi.

Sumunar Indonesia Music dan Dance merupakan sebuah organisasi seni pertunjukan yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat, yang mempunyai misi untuk mempromosikan pengetahuan dan apresiasi musik, tari dan budaya Indonesia melalui pertunjukan dan pembelajaran. Kegiatan Sumunar berfokus pada pertunjukan dan pembelajaran seni karawitan, tari dan pedalangan.

Presiden Sumunar Indonesia Music dan Dance Linda James dalam acara tersebut mengatakan sampai sekarang ini sudah ada 15 ribu lebih orang Amerika Serikat yang mempelajari gamelan dan tari asal Indonesia.

Untuk jenis musik tradisi dan tari-tarian asal Indonesia ini berkembang sangat pesat di Amerika Serikat dan sekarang ini disana sudah ada 15 set gamelan yang kesemuanya di beli dari perajin gamelan di Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...