Gunung Everest Mencair Secara Dramatis ( Gawat ! )


BEIJING - Asia Society telah merilis gambar yang menunjukkan menyusutnya gletser Gunung Everest secara dramatis sejak George Mallory memotret hampir 90 tahun lalu.

Fotografer dan pendaki gunung David Breashears, yang merupakan bagian dari proyek Glacier Research Imaging Project (GRIP), mengulang langkah yang sama yang dilakukan oleh tim Inggris pada tahun 1921 tersebut.

Breashears selain menggunakan foto hasil jepretan sendiri, juga membandingkan dengan karya milik fotografer dan pendaki gunung George Mallory L. Mereka ingin menunjukan keadaan Gunung Glester yang tepat.

Foto-foto menunjukkan penurunan mengejutkan pada jumlah es glasial sejak gambar pertama diambil. Sungai yang terlihat di foto menunjukkan, bahwa kian hari kian mengering dan membatu.

"Apa dunia memilih untuk melakukan tentang perubahan iklim akan menentukan nasib dari gletser ini," tanya Orville Schell, Arthur Ross Director of Asia Society Center, seperti yang dilansir Science Daily, Selasa (20/7/2010).

Himalaya adalah rumah bagi cadangan es terbesar di dunia selain kutub, dan meltwaters mereka sangat penting untuk ratusan jutaan orang yang ada di hilir.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...