Indonesia Raih 4 Emas Olimpiade Fisika Internasional Lagi !


Kabar gembira datang dari Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang berlaga pada Olimpiade Fisika Internasional ke-41 2010 di Zagreb, Kroasia. Tim yang dikomandoi alumnus TOFI Hendra Kwee menyabet empat medali emas.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis Minggu (25/7/2010), peraih emas Indonesia adalah siswa SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara, Christian George Emor; siswa SMAK Penabur Gading Serpong, Banten, David Giovanni; siswa SMAN 12 Jakarta, Kevin Soedyatmiko; dan siswa SMAN 1 Pamekasan, Madura, Muhammad Sohibul Maromi. Sementara, satu perak disumbangkan oleh siswa SMAN 1, Yogyakarta, Ahmad Ataka Awwalur Rizqi.

Prestasi ini merupakan sebuah kemajuan. Tahun lalu, Indonesia hanya mampu meraih satu emas, tiga perak, dan satu perunggu dari ajang yang sama di Merida, Mexico. Capaian para siswa Indonesia tersebut merupakan buah dari pembinaan intensif di Surya Institute selama delapan bulan yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Nasional(Kemendiknas). Surya Institute merupakan yayasan yang didirikan Yohanes Surya sebagai tempat penggemblengan wakil-wakil Indonesia di Olimpiade Fisika Internasional.

Tahun ini, Olimpiade Fisika Internasional diikuti 82 negara, lebih banyak dibandingkan peserta tahun lalu yang berjumlah 70 negara. Total peserta adalah 376 siswa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...