Turis Tewas Gara-gara di Paksa Belanja !


Mau bersenang-senang di Hongkong, malahan mati karena bertengkar dengan pemandu wisata. Seorang turis berusia 65 tahun dari Provinsi Hunan tewas karena serangan jantung setelah bertengkar dengan pemandu wisata ketika dipaksa berbelanja.

Kejadian itu memicu China bertekad melindungi turis yang berkunjung ke Hongkong. Kantor Pariwisata Nasional China akhir pekan lalu mengeluarkan peringatan mengenai perjalanan ke Hongkong setelah kemunculan sebuah tayangan video yang menggambarkan turis-turis dari China daratan dipaksa berbelanja oleh seorang pemandu wisata Hongkong. Rekaman itu tersebar melalui internet.

Hongkong memang menarik turis dari China daratan. Banyak di antara mereka yang berbelanja barang bermerek. Sering kali penyelenggara perjalanan wisata meraup keuntungan dari komisi persenan yang didapatkan dari toko-toko barang mewah. Praktik semacam ini biasa dilakukan oleh biro perjalanan China.

Kantor berita Xinhua mengutip seorang sumber mengatakan, badan pariwisata khawatir dengan penanganan praktik seperti itu. Bulan lalu, badan pariwisata Hongkong berjanji akan memperketat perlindungan terhadap para turis dari pemaksaan belanja atau paksaan mengunjungi kawasan belanja.

Harian Kompas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...