Google Demo Ponsel Bisa Menerjemah !


INILAH(dot)COM, Jakarta - Tidak paham arti bahasa asing saat di perjalanan?. Jangan takut Google sedang mengerjakan perangkat lunak yang mampu menerjemahkan teks yang ditangkap oleh kamera ponsel.

Dalam sebuah demonstrasi di Kongres Mobile Dunia, seorang insinyur Google mengambil gambar menu makan malam ala Jerman dengan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android.

Sebuah aplikasi di ponsel kemudian mengirim hasil gambar foto tersebut ke server Google yang kemudian mengirimkan balik hasil terjemahan ke ponsel tersebut.

Bertuliskan 'Fruhlingssalat mit Wildkrautern' yang artinya 'Salad musim semi dengan tumbuhan liar'.

Belum ada kabar kapan perangkat lunak canggih tersebut akan tersedia di pasaran.

Perangkat lunak yang menerjemahkan gambar menjadi teks sudah tersedia di beberapa ponsel, tetapi secara umum prosesnya dilakukan di dalam perangkat itu.

Demonstrasi tersebut adalah bagian pidato utama CEO Google Eric Schmidt di pameran perdagangan yang merupakan terbesar dalam industri nirkabel.

Dia mengatakan bahwa aplikasi ponsel akan mengambil keuntungan dari komputasi awan, yakni dengan cara akses server melalui jaringan nirkabel, dan membawa perubahan besar bagi industri telekomunikasi.

Pidato Schmidt juga menampilkan demonstrasi video dan game yang dijalankan di dalam ponsel Android dengan menggunakan Flash. Format itu telah muncul di berbagai halaman web tetapi belum bisa berjalan di banyak ponsel.[ito]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...