Banyak Ponsel Mengaum di Tahun Macan


Pasar ponsel akan berlari lebih cepat dari yang diharapkan pada 2010. Ini akibat membaiknya ekonomi yang meningkatkan pembelian handset telepon seluler (ponsel) baru dan mendorong produsen membuat smartphone murah.

Selanjutnya, menurut perusahaan riset Gartner, Selasa (23/2), pasar memang sempat jatuh 1 persen pada 2009. Ini penurunan pertama dalam delapan tahun terakhir karena konsumen menghemat pengeluaran di tengah resesi.

Namun, analis Gartner, Carolina Milanesi, mengatakan pasar sekarang diharapkan tumbuh 11-13 persen tahun ini atau lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan pada Desember tahun lalu sebesar 9 persen. "Perekonomian tampaknya menjadi lebih stabil dengan tren pemulihan daripada perkiraan kami pada Desember," kata Milanesi.

Gartner melihat volume pasar smartphone tumbuh 46 persen dari penjualan 172,4 juta tahun lalu. Jangan heran, loncatannya didukung varian model yang lebih murah. Smartphone yang paling terjangkau hanya dijual lebih dari US$100, termasuk subsidi operator.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...