Ingin Menang dalam Pertandingan , Pakailah Baju Warna Merah !


INILAH-COM, Jakarta – Penelitian terbaru menyebut warna merah memberikan pengaruh bagi kemenangan sebuah tim yang berlaga di Olimpiade. Hasil itu mendukung penelitian pada 2005.

Dalam sebuah penelitian dibukunya yang terbaru "Pembuktian: Seni Gelap Tipuan Matematik" penulis sains Charles Seife dari Universitas New York menganalisis kembali tulisan jurnal Nature 2005.

Dalam laporan penelitian itu menyebut petinju, petarung tae kwon do, petarung bebas, pegulat Romawi yang memakai kostum warna merah lebih banyak mengalahkan kompetitornya yang menggunakan warna biru karena alasan evolusi.

"Warna merah terseleksi secara seksual, kualitas pria bergantung dari testosteron," tulis ahli antropologi evolusi Russel Hill dan Robert Barton dari Universitas Durham Inggris pada 19 Mei 2005.

Laporan menunjukkan bahwa secara konsisten dan signifikan dari sisi statistik, pola kontestan yang mengenakan warna merah lebih banyak memenangkan pertandingan, hingga 55% berdasarkan data Olimpiade.

"Hasil penelitian kami memberikan saran bahwa secara psikologis evolusi warna adalah layaknya medan subur bagi penyelidikan lebih lanjut."

Seife kemudian mengamati Olimpiade 2008 untuk melihat apakah peserta dengan jaket merah pada jalur kemenangan. Di empat jenis olahraga, jumlah pemenang berkostum biru lebih sedikit daripada tim yang mengenakan kostum merah.

Data khusus yang ada memberikan dukungan kepada hipotesis sebelumnya, bahwa biru kalah tipis dengan atlet yang berwarna merah.

"Merah lawan biru adalah sebuah contoh yang baik dari satu kelas penelitian," ujar Seife.[ito]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...