Cara Bedakan Windows Asli dan Bajakan !

Berita di detikinet menyebutkan saat ini sedang digalakkan kampanye nasional hak atas kekayaan intelektual (HaKI) membidik instansi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Masalah HAKI ini sangat erat hubungannya dengan pembajakan, termasuk pembajakan software Windows milik Microsoft. Memang status "keaslian" sistem operasi di instansi pemerintah patut dipertanyakan. Tak percaya? Coba anda jalan-jalan ke kantor-kantor pemerintah. Lalu anda tanya, windows yang terinstal di PC kantor tersebut itu asli apa palsu. Hampir semua staf kantor tersebut bingung. Mereka tak paham. Mana wondows asli mana yang palsu.

Memang, secara fisik tak sulit membedakan windows original dengan windows bodong alias bajakan. Windows asli pasti ada hologram atau stikernya, harganya mahaldan waktu instalasi biasanya minta aktivasi. Nah, kalau yang bajakan sudah pasti harganya murah sekitar 15 - 50 ribu rupiah. Di internet tersedia banyak cara untuk "mengaslikan" windows bajakan.

Yang sulit adalah, memeriksa keaslian windows ketika sistem operasi tersebut sudah terinstal di PC, Saya sendiri sampai saat ini tak bisa membedakan, kecuali menggunakan tools yang disediakan Micorosoft (anda bisa download DI SINI). Aparat terkaitpun ketika mengadakan razia software bajakan biasanya dibantu ahli. Ini menjadi pekerjaan rumah KIB II.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...