Pengguna Opera Tembus 100 juta !


Opera Browser

Hari ini browser Opera mengumumkan pencapaiannya dengan jumlah pengguna yang telah menembus angka 100 juta. Angka 100 juta pengguna yang dicapai pada bulan Maret 2010, merupakan kombinasi pengguna dari berbagai platform.

50 juta pengguna Opera berasal dari pengguna komputer Windows, Mac dan Linux. Sementara 50 juta lainnya adalah pengguna Opera Mini tiap bulan, dari beragam jenis handset ponsel.

"Catatan pertumbuhan Opera menunjukkan bahwa kami berada pada jalur yang benar, dan seiring dengan kebutuhan pengguna yang bertambah, kami tumbuh bersama-sama secara baik dengan mereka," kata CEO Opera Software Lars Boilesen, lewat rilis resminya, Senin (12/4).

Menurut catatan Opera, capaian itu sekaligus menorehkan pertumbuhan tahunan browser Opera desktop, yang melebihi angka 30 persen, sejak Maret 2009 hingga Maret 2010.

Tak hanya memakai Opera desktop lewat komputer, banyak pula pengguna yang menggunakannya lewat pada konsol game, connected TV dan set-top boxes (set top box TV digital).

Saat ini, Opera mengklaim, browser desktop mereka (Opera 10.5x) adalah browser tercepat di dunia. Kecepatan itu didukung oleh mesin JavaScript-nya yang dinamai Carakan (diambil dari nama aksara Jawa - Hanacaraka), yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan hingga lebih dari tujuh kali lebih cepat dari browser versi pendahulunya (Opera 10.10).

"Fokus kami pada kecepatan, keamanan, inovasi dan kegunaan terus membuahkan hasil. Kami selalu mendengarkan kebutuhan dan keinginan pengguna," ujar Co-founder Opera Software, Jon von Tetzchner.

Selain menawarkan kecepatan, Opera desktop juga menyediakan fitur-fitur inovatif dan hemat biaya seperti Opera Turbo untuk berselancar lebih cepat di jaringan internet yang lambat atau lebih murah untuk data roaming.

Opera juga menawarkan fitur Opera Unite yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan berbagi, serta mengakses data. Untuk menyinkronkan situs-situs yang telah di-bookmark di ponsel maupun komputer, pengguna bisa memanfaatkan Opera Link di browser desktop maupun mobile mereka.

Untuk, versi mobile mereka, browser Opera memiliki pengguna asal Indonesia yang cukup tinggi. Hingga kini, Indonesia merupakan negara pengguna Opera Mini kedua terbesar setelah Rusia.

Opera memang tak merilis berapa pastinya jumlah pengguna Opera Mini di Indonesia. Namun, pada suatu kesempatan, salah seorang Web Evangelist Opera, Cheah Zibin, mengatakan bahwa jumlah perbedaan jumlah pengguna Opera Mini dari Indonesia dan Rusia hanya terpaut sedikit.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...