FIFA Bakal Larang Indonesia Tampil di Arena Internasional !


Indonesia terancam larangan tampil di kompetisi internasional jika PSSI bersikeras tak menjalankan hukuman tiga poin kepada klub Divisi Utama Persikabo Kabupaten Bogor.

Hal itu tertuang dalam paragraf keempat surat faksimile yang dikirimkan oleh FIFA pada 15 April silam yang ditujukan kepada Sekjen PSSI, Nugraha Besoes.Pada surat yang ditandangani oleh Deputi Sekretaris Komite Disiplin FIFA, Christine Farina, tertulis bahwa FIFA akan menjatuhkan hukuman larangan tampil di pentas internasional jika PSSI tak mengurangi poin "Laskar Pajajaran" pada musim ini.

Surat tersebut merupakan respons dari laporan Ketua FIFA Pro Asia, Bredan Schwab, yang menangani kasus pemain asing Persikabo, Ndjee Bakena Noah, yang kontraknya secara sepihak pada musim lalu. Dalam laporan yang dikirimkan Schwab kepada FIFA, pada 13 April, Schwab melaporkan PSSI tak memotong poin Persikabo.

Sebelumnya, Nugraha Besoes menilai bahwa pengurangan poin Persikabo tak perlu dilakukan karena tim itu telah melunasi pembayaran tunggakan gaji Bakena Rp330 juta dan denda US$60.000 kepada FIFA. (Persikabo memang telah membayarnya sebelum kompetisi 2009-10 bergulir).

Hukuman dari FIFA sendiri jatuh pada Juni 2009. Padahal, saat itu kompetisi Divisi Utama 2008-09 berakhir pada Mei 2009. Artinya, pengurangan tiga poin berlaku pada musim 2009-2010 ini.

Karena itu, FIFA meminta PSSI melaksankan hukuman pemotongan nilai Persikabo. Hal itu tertuang dalam keputusan Komite Disiplin FIFA pada 7 Mei 2009 pada poin 6.

FIFA menegaskan pengurangan nilai harus dilakukan dan tidak bisa diabaikan meskipun klub (Persikabo) telah membayar kewajibannya.

Jika sanksi tersebut dijatuhkan, koleksi poin Persikabo akan menjadi 32 poin dan dengan begitu, PSMP Mojokerto Putra yang mengantongi nilai 33 bakal naik menggantikan mereka di posisi kedelapan dan masuk perempat final.

Adapun tujuh klub yang memastikan ke perempat final yaitu Semen Padang, Persipasi, Persidafon, Deltras Sidoarjo, Persiram, dan Persibo.

Sumber - Surya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...