Bedak Tabur Picu Kanker Rahim !


Menggunakan bedak tabur di area genital, sekali saja seminggu, bisa meningkatkan risiko kanker rahim hingga 24%. Partikel-partikel tepungnya menurut temuan peneliti, akan bergerak ke dalam tubuh perempuan dan memicu peradangan. Peradangan ini memungkinkan sel-sel kanker tumbuh subur.

Padahal diyakini sekitar 40% perempuan menggunakan bedak tabur secara teratur sebagai bagian dari rutinitas kebersihan pribadi.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan bedak tabur dengan tumor ovarium. Akan tetapi, ini merupakan penelitian pertama yang mengaitkan bedak tabur dengan kanker rahim atau kanker endometrium. Kanker ini membunuh sekitar 1.000 perempuan per tahun di Inggris dan Wales.

Dalam studi ini, peneliti dari Harvard Medical School di Boston menginvestigasi risiko kesehatan bedak tabur. Peneliti menemukan peningkatan risiko signifikan pada perempuan usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini, peneliti dari Amerika Serikat melaporkan bahwa perempuan usia lanjut lebih berisiko. Pasalnya, mereka telah terpapar bedak tabur untuk jangka waktu yang lebih lama.

"Studi-studi mengindikasikan bahwa perempuan mulai menggunakan bedak tabur sejak usia muda dan terus menggunakan bedak tersebut selama berpuluh-puluh tahun," terang peneliti, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Rabu (28/4).

Tahun lalu, tim peneliti dari Harvard menemukan, penggunaan bedak tabur setiap hari di area genital meningkatkan risiko kanker ovarium hingga 41%. Perempuan dihimbau untuk langsung menghentikan penggunaan bedak tabur.

Bedak tabur terbuat dari mineral halus, yang dikenal dengan nama hydrous magnesium silicate. Mineral ini secara alami tersedia di alam. Mineral ini dihancurkan, dikeringkan dan digiling untuk menghasilkan bubuk yang digunakan dalam produk kosmetik.

Meskipun begitu, peneliti menekankan perlunya studi lanjutan sebelum menyimpulkan hubungan antara bedak tabur dengan kanker endometrium. Dan meskipun penelitian selanjutnya menemukan hubungan , lanjut peneliti, masih sangat sedikit perempuan yang menderita kanker endometrium akibat bedak tabur.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...