Spam Lowongan Kerja Palsu Marak di Internet !


Waspadalah - waspadalah, mungki kata yang sering diucapkan bang napi disergap ini pantas untuk dijadikan kata acuan untuk mencari lowongan kerja diinternet.
Pasalnya menurut laporan bulanan yang disusun oleh Symantec Messaging and Web Security, sepuluh subjek spam terbanyak yang beredar bulan Maret lalu berisi kata kunci seputar lowongan pekerjaan.

Get the Job fast this one, Job seekers in USA, Finance Manager vacancy, FW: Global job vacancy, Job position REF83782 USA only, Finance Manager USA position, merupakan contoh topik spam yang paling sering muncul.

Selain itu, tak sedikit pula spam bertopik: Get a diploma for a better job, Need a job?, RE: Your Job is at stake, dan Looking good does not have to bankrupt you beredar di Internet.

Seperti VIVAnews kutip dari keterangannya, Kamis 22 April 2010, Symantec menyebutkan, di India, situs-situs pekerjaan juga menjadi sasaran phising. Pasalnya, selama kuartal pertama 2010, banyak tersedia lapangan kerja baru di negeri tersebut.
Modusnya, pengguna yang mengirimkan lamaran ke situs lowongan pekerjaan, sebenarnya mengirimkan informasi pribadi mereka ke sebuah server yang terletak di Belanda.

Setelah berhasil mencuri data pribadi, penipu kemudian mengirimkan pesan spam pada pemberi pekerjaan sebenarnya. Pemberi kerja diminta membayar sejumlah uang untuk meng-upgrade atau mengakses solusi perekrutan tertentu.

Penipu kemudian menyediakan link agar pemasang iklan bisa membayar untuk mendapatkan karyawan yang diinginkan. Namun, jika diklik, link tersebut mengarahkan kepada halaman phising lain yang akan menanyakan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, pin, dan lain-lain.

Symantec menyebutkan, penyerang juga kadang menyamar sebagai pemberi kerja dan mengirim spam berisi lowongan kerja palsu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...