Data Calon Pengantin di Jatim Bisa Diintip Lewat Internet !


Lupa tanggal pernikahan teman atau kerabat di Jawa Timur? Cek saja melalui internet. Kini, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) provinsi ini telah menerapkan sistem pelayanan komputer terpadu untuk Kantor Urusan Agama (KUA) di tingkat kecamatan se-Jatim.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais) Kanwil Kemenag Jatim, Drs H Asyhuri MM, mengatakan, dengan layanan tersebut, maka pelayanan kepada masyarakat dapat lebih cepat, optimal dan memuaskan. "Saat ini masyarakat bisa mengetahui dengan mudah daftar nama calon pengantin melalui internet," ujar Asyhuri kepada wartawan, kemarin.

Fungsi program layanan komputer terpadu itu, katanya, antara lain mampu menampilkan data cacatan nikah secara cepat dan transparan sebagai data base. Selain itu, untuk memberikan informasi dan pelayanan antara lain isian data pemeriksaan nikah, data pengumuman nikah, registrasi nikah, duplikat nikah, hingga mencetak buku nikah. Sistem mereka juga berintegrasi dengan Kantor Catatan Sipil untuk update status nikah seseorang.

Fasilitas layanan secara online itu memang belum menjangkau seluruh KUA yang ada di Jawa Timur, karena memerlukan dana yang besar. Namun ke depan, jumlah KUA online akan terus ditambah. "Untuk tahap awal terpilih sebanyak 15 KUA," jelas Asyhuri.

KUA kecamatan yang telah tersambung secara permanen dengan internet, antara lain lima KUA Kecamatan di Kota Malang, tiga KUA Kecamatan Kota Batu, KUA Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, KUA Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, KUA Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, KUA Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, KUA Kecamatan Bangorejo Kab Banyuwangi dan KUA Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Dijelaskan Asyhuri, KUA yang sudah memiliki fasilitas online selanjutnya akan menjadi KUA percontohan di Jatim.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...