Adu Kemampuan Dokter Indonesia vs Asing !


Hebat mana dokter Indonesia atau dokter asing? Pengetahuan dan kemampuan dokter-dokter di Indonesia tak kalah bersaing dengan dokter-dokter asing. Mereka punya kemampuan dan keterampilan yang sama. Apa yang membedakan dokter Indonesia dan asing?

"Kita hanya kalah bersaing dari segi fasilitas saja, namun jangan pernah ragukan kemampuan dokter-dokter Indonesia, " ujar Prof. Dr. Menaldi Rasmin, SpP (K), Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dalam acara sarasehan "Keberadaan Dokter Asing di Indonesia" di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Prof. Menaldi mengatakan dokter-dokter Indonesia memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat Indonesia.

Makanya dia sangat menyayangkan jika banyak rumah sakit terutama swasta yang menggunakan dokter asing tanpa izin pula. Seharusnya kata Prof. Menaldi, jika masih ada dokter Indonesia yang lebih mampu itu yang diutamakan. Namun perlu diingat bahwa Majalah Time pernah membahas keburukan pelayanan dokter Indonesia

Apalagi dokter-dokter asing yang berpraktik di Indonesia baik yang di rumah sakit maupun yang memiliki klinik-klinik sendiri ternyata belum ada satupun yang memiliki izin praktik.

Rumah sakit bisa menggunakan jasa dokter asing jika memang dokter tersebut memiliki surat-surat kelengkapan yang dipersyaratkan oleh KKI dan Departemen Kesehatan. Dokter asing yang dipekerjakan itu harus memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh dokter di rumah sakit tersebut.

"Namun, jika ada dokter Indonesia di rumah sakit lain yang memiliki kemampuan khusus yang sama dengan dokter asing itu, mengapa tidak merujuk ke rumah sakit itu saja?" tanyanya.

Peraturan yang dibuat pemerintah untuk legalisasi dokter asing di Indonesia bukanlah untuk melindungi kepentingan dokter Indonesia, namun demi melindungi kepentingan masyarakat Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...