Pendapatan usaha PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) selama tahun 2009 telah
menembus angka Rp 3 triliun. Dengan pendapatan usaha sebesar Rp 3,436
triliun maka anak usaha Bakrie Brothers ini telah berhasil
meningkatkan pendapatannya year on year sebesar 22,5% mengingat
pendapatan usahanya di tahun 2008 baru mencapai Rp 2,805 triliun.
Demikian disampaikan dalam siaran pers perseroan, Senin (29/3/2010).
Pendapatan usaha bersih perseroan meningkat sebesar 24,5% menjadi Rp
2,743 triliun di tahun 2009 dibanding sebelumnya Rp 2,202 triliun.
Kenaikan pendapatan usaha tersebut terutama didorong oleh laju
pertumbuhan pelanggan sebesar 45,2%.
Jika pada tahun 2008 jumlah pelanggan perseroan tercatat sebesar 7,3
juta pelanggan maka di tahun 2009 jumlah pelanggannya mencapai 10,6
juta. Dengan pencapaian ini, perseroan berhasil mencapai target
pertumbuhan pelanggan yang memang dipatok sebesar 10,5 juta pelanggan.
Untuk tahun 2010 perseroan mencanangkan peningkatan target hingga
mencapai 14 juta pelanggan.
Selama tahun 2009, BTEL juga meluncurkan berbagai produk terbarunya
seperti Hape Esia Fu bagi kelompok masyarakat yang merayakan hari raya
Imlek, Hape Esia Slim, Hape Esia Gayaku, Hape Esia Musicbox dan yang
terbaru Hape Esia Online.
Disamping pendapatan, lonjakan tinggi juga terlihat pada EBITDA
(Earnings Before Interest, Tax, Depreciation & Amortization) dimana
BTEL membukukan pertumbuhan sebesar 54,2% menjadi Rp 1,269 triliun
dibanding sebelumnya Rp 823 miliar.
Namun mengingat beban biaya bunga dan depresiasi yang cukup tinggi
maka laba bersih perseroan di tahun 2009 hanya mencapai Rp 98 miliar
atau terkoreksi 28% dari pencapaian di tahun 2008 yang mencapai Rp 137
miliar.
Sumber : www.detikfinance.com